Rambutku Nggak Rontok Lagi Setelah Pakai Salt Free Shampoo dari Daily Perfection

Posting Komentar

Rambutku rontok parah sampe bertahun-tahun. Eh, sekarang berkurang setelah pakai Shampoo Daily Perfection!

It’s real. Ternyata emang seampuh itu shampo “bebas garam” merk Daily Perfection ini.

Yup! Kalian nggak salah dengar. Shampo ini free salt alias bebas garam. Kalias pasti bertanya-tanya, “emangnya shampoo ada garamnya?”

Tapi sebelum kita bahas, kenapa shampoo ada garamnya, aku mau cerita masalh rambut rontok yang aku hadapi beberapa tahun belakangan ini ya...

Aku udah ngalamin rambut rontok sejak melahirkan anak ke-2. Itu, sekitar tahun 2018. Kalau dihitung-hitung, udah jalan kurleb 7 tahun (sekarang 2024). 

Jangan tanya berapa banyak jenis atau merk shampo yang udah aku cobain untuk mengatasi masalah rambut rontok ini. Mulai dari, yang pake embel-embel “hair fall” sampai yang “supreme anti hair fall” juga udah aku cobain.

Tapi semuanya nggak ngefek.

Rambutku malah makin rontok gara-gara terlalu sering gonta-ganti shampo. Udah gitu, rambutku yang keriting makin susah diatur gara-gara kusut.

Setiap habis keramas atau setelah sisiran. Aku selalu ngarasa sedih, ngeliat rambutku yang rontok begitu banyak.

Aku ngerasa makin sedih kalau ngaca dan ngeliat rambutku yang dulu tebal, sekarang jadi makin tipis.

“Aku nggak mau botak” begitu aku membatin setiap melihat volume rambutku yang makin hari makin berkurang.

Shampoo Daily Perfection, Salt Free Shampo Pertama di Indonesia

Saat aku hampir menyerah dengan rambutku yang rontok dan nyaris nggak percaya lagi sama shampo yang katanya bisa mengatasi rambut rontok, aku sekali lagi mencoba shampo lain.

Kali ini yang aku cobain adalah salt free shampoo dari Daily Perfection. And, guess what? Shampo ini ampuh banget mengatasi masalah rambut rontok yang selama ini jadi momok buat aku.

Padahal, shampo ini nggak diiklankan di TV-TV sebagai shampoo anti rontok!

Gimana ceritanya kok aku sampe tertarik buat nyobain Shampoo Daily Perfection (DP)?

Jadi, gini. Awalnya aku emang sering searching “shampo anti rontok” di toko online.

Meskipun nggak selalu beli, tapi aku tetap meluangkan waktu buat searching dan berharap suatu hari akan menemukan shampo yang benar-benar bisa mengatasi masalah rambut rontok yang aku hadapi ini.

Kalo ada produk yang keliatannya punya rating (baca: bintang) 4.5 atau lebih, pasti aku kepoin.

Singkat cerita. Mataku tertaut sama produk shampo warna pale gold. Selain karena warnanya yang beda, rating produk yang nyaris sempurna (4.9) adalah faktor lain yang bikin aku tertarik! 

Ditambah dengan jumlah penjualannya juga fantastis, bikin aku langsung penasaran.

Nggak seperti shampo-shampo lain yang selama kebanyakan akan menonjolkan kata “anti hair fall” atau “anti rontok,” shampoo dari Daily Perfection Healthy Growing ini justru hanya menyematkan kalimat “salt free Shampo” sebagai clik bite.

Rasa penasaranku makin bertambah karena dua hal. Pertama adalah karena review pembeli yang positif. Dan, yang kedua karena aku sendiri bertanya-tanya, “memangnya shampo ada garamnya? Sampai-sampai harus ada shampoo ‘free salt’?”

Waktu aku baca-baca review produk di official shop Shopee Daily Perfection, banyak banget yang bilang kalau produk ini punya kualitas yang bagus dan value for money. Bahkan ada yang sudah repurchase berkali-kali.

Coba deh lihat beberapa hasil review Shampoo Daily Perfection yang aku SS di bawah ini:

Mengapa Shampo Mengandung Garam?

Untuk mengobati rasa penasaranku yang kedua, soal shampo yang mengandung garam. Aku udah nyari-nyari info di internet. Dan, ternyata benar lho! Kebanyakan shampo itu ternyata mengandung garam.

Kalau di label ingredients produk, garam ini biasanya ditulis dengan nama “sodium chloride.”

Setelah aku cari tahu, ternyata garam pada shampo itu digunakan sebagai thickener (pengental), pengawet, supaya rambut bervolume (terasa tebal), dan membantu menghasilkan busa.

Tapi sayangnya, kehadiran natrium klorida pada shampo justru membuat shampo jadi buruk untuk kesehatan rambut.

Pasalnya, meskipun natrium klorida dikenal sebagai pengental sederhana yang hemat biaya, tetapi kandungan ini dapat menyebabkan rambut dan kulit kepala jadi kering dan gatal.

Nggak cuma itu, natrium klorida juga ditengarai dapat melarutkan keratin. Padahal, keratin yang merupakan protein pembentuk rambut justru sangat dibutuhkan oleh rambut kita untuk menangkal kerusakan yang disebabkan oleh lingkungan (faktor eksternal).

Jadi kandungan ini sebenarnya sangat kontradiktif dengan manfaat shampo itu sendiri.

Selain menyebabkan kulit kepala jadi kering dan menghambat keratin, garam pada shampo juga berpotensi menyebabkan iritasi pada kulit kepala, menghambat penyerapan nutrisi pada rambut dan kulit kepala, serta menyebabkan rambut rontok.

Aku rasa, itulah alasan mengapa shampo “anti rontok” yang aku gunakan selama ini, justru bikin rambut tambah rontok.

Shampoo Daily Perfection Healthy Growing


Balik lagi ke Shampoo Daily Perfection... Ini adalah shampo yang belakangan aku pakai untuk mengatasi masalah rambut rontok.

Shampo ini sendiri bisa dipakai oleh pria maupun wanita (unisex), dan mengandung keratin serta biotin.

Buat kalian yang belum familiar dengan istilah “keratin” dan “biotin.” Jadi, keratin pada dasarnya adalah sejenis protein pembentuk rambut yang berfungsi menangkal penyebab kerusakan rambut dari luar.

Selain itu, keratin juga berguna untuk memperkuat dan modernisasi folikel rambut, memperbaiki ujung rambut yang rusak, mencegah rambut kusut dan kusam, dan membuat rambut terlihat lebih berkilau.

Sedangkan biotin adalah sejenis vitamin B yang berfungsi untuk membantu produksi keratin serta meningkatkan pertumbuhan rambut dari dalam.

Selain manfaat tersebut, biotin juga dikenal dapat membantu menjaga kesehatan kulit kepala dan rambut, membantu pertumbuhan rambut, mencegah kerontokan, dan membuat rambut lebih lebat (bervolume).

Surprisingly, aromanya ini lembut banget. Halus dan nggak menyengat.

Dilihat dari sisi mana aja, shampo ini emang beda banget sama shampo-shampo lain yang pernah aku cobain.

Free salt shampoo produk Daily Perfection ini juga dikenal dengan sebutan “Shampoo Pine Turpentine Healthy Growing.”

Karena memang, shampo tanpa garam ini mengandung pine turpentin atau getah daun pinus yang sangat bagus untuk mengurangi kerontokan, dan dapat membantu meningkatkan akselerasi pertumbuhan rambut.

Selain direkomendasikan buat kalian yang ngalamin rambut rontok, atau pengen beralih dari shampo-shampo dengan kandungan garam ke shampo yang free salt, Daily Perfection salt free shampoo ini juga direkomendasikan untuk:

  • Kamu yang memiliki kulit sensitif
  • Penderita psoriasis, dan
  • Penderita eczema (eksim)
  • Hijaber, atau
  • Buat kalian yang punya rambut tipis dan lepek

Nah, buat kalian yang punya masalah rambut rontok. Mulai sekarang, jangan asal asal pilih shampo. Dan, jangan mudah percaya sama iklan-iklan di TV.

Karena kalau dipikir-pikir, rambut kita sama seperti tanaman. Yang menyebabkan tanaman subur itu kan sebenarnya bukan karena kita memberikan pupuk pada batangnya, tapi karena kita memberikan pupuk pada media tanam (tanah).

Jadi, kesuburan dan kesehatan rambut kita sebagian besar dipengaruhi oleh kesehatan kulit kepala dan bagaimana rambut menyerap nutrisi dari balik kulit.

Coba deh periksa shampoo yang kalian pakai. Kalo mengandung garam seperti sodium chloride, bisa jadi itulah yang menyebabkan rambut kalian rontok dan susah diatur.

Karena selain bisa melarutkan keratin, sodium chloride juga ditengarai dapat menyebabkan penyumbatan folikel atau pori-pori kulit kepala, yang ujung-ujungnya juga akan menyebabkan terhambatnya nutrisi masuk ke dalam kulit kepala dan akar rambut.


Pengalaman Pakai Shampoo Daily Perfection Healthy Growing

Sebelumnya aku udah nyebutin kalau wangi shampo ini soft banget. Wanginya itu nggak murahan.

Trus, waktu aku coba pakai, shampo ini nggak bikin kulit kepala gatal seperti yang aku rasakan waktu pakai shampo biasa.

Dan, yang paling aku suka, shampoo ini bikin rambut jadi makin mudah diatur, terasa lebih halus, dan terasa lebih cepat kering serta ringan.

Enggak cuma terasa lebih ringan, rambut juga jadi kelihatan lebih mengembang seperti habis di-blow. Intinya, rambut kita nggak kelihatan lepek.

Penutup

Buat kalian yang punya masalah rambut rontok seperti aku, aku saranin kalian beralih dari shampo yang mengandung garam (salt) seperti sodium chloride ke free salt shampoo, seperti shampo Daily Perfection Healthy Growing.

Jangan khawatir! Meskipun berkualitas, tapi harga shampoo Daily Perfection ini masih tergolong ramah kantong kok. Buktikan aja dengan mengklik link yang sudah aku cantumkan di atas.

Atau, kalau kalian pengen update info terbaru dan pengen tahu lebih banyak tentang tips dan trik perawatan rambut serta kulit kepala, jangan lupa follow akun Instagram Daily Perfection.

Husnul Khotimah
Seorang ibu yang senang menulis tentang motivasi diri, parenting dan juga tentang kehidupan sehari-hari di Jombloku. Semoga blog ini bisa membawa manfaat buat kita semua.

Related Posts

Posting Komentar