6 Cara Menjaga Keamanan Parkir Luar di Rumah Kos

Posting Komentar

Banyaknya kasus pencurian kendaraan bermotor di rumah kos seringkali terjadi karena lemahnya sistem keamanan atau kurangnya lahan parkir. Oleh karena itu, pemilik kos wajib menyediakan lahan parkir yang layak dan bisa mengakomodasi semua kendaraan para penghuninya. 

Untuk keamanan, idealnya tempat parkir berada di dalam ruangan tertutup. Namun sayangnya tidak semua rumah kos memiliki tempat yang luas di dalam bangunan. Untuk menyiasatinya, gunakan halaman untuk area parkir outdoor. 



Cara Menjaga Keamanan Parkir Luar di Rumah Kos

Dibandingkan area lain, tempat parkir di rumah kos memang membutuhkan pengawasan ekstra. Apabila parkir luar menjadi pilihan, pemilik kos harus menjaga keamanannya dengan cara berikut ini : 

  • Menyediakan Pagar sebagai Pembatas

Pagar mutlak diperlukan untuk mengamankan kendaraan-kendaraan anak kos yang parkir di luar ruangan. Lengkapi pagar dengan kunci dan gembok yang berkualitas agar tidak mudah dibobol orang yang berniat jahat. Ingatkan para penghuni kos agar selalu mengunci dan menggembok pintu pagar setiap keluar atau masuk area kos demi keselamatan bersama. Tempelkan tulisan di dekat pintu pagar agar tidak lupa. 

  • Memastikan Penghuni Kos Mengatur Kendaraan dengan Baik

Demi kenyamanan dan keamanan bersama, pasang papan pengumuman untuk mengingatkan penghuni kos agar memarkirkan kendaraan dengan rapi. Memarkir sepeda motor atau mobil yang sembarangan akan menghalangi jalan dan memenuhi lahan parkir sehingga tidak cukup memuat semua kendaraan penghuni kos.

  • Mengawasi Secara Langsung

Pemilik kos sebaiknya tinggal satu atap dengan anak kos atau berdomisili di dekat area kos. Tujuannya agar bisa mengawasi secara langsung keamanan anak-anak kos dan memantau perilaku mereka apakah sesuai atau tidak dengan peraturan yang diterapkan. Tinggal di area kos juga memudahkan untuk berkomunikasi dengan penghuni kos, terutama dalam merespon keluhan. Misalnya ada kran kamar mandi yang bocor atau AC rusak, pemilik kos bisa lebih cepat menanganinya. Apabila Anda tidak bisa tinggal di area kos karena alasan tertentu, Anda dapat mendelegasikan ke saudara atau orang yang dapat Anda percaya untuk bertanggung jawab mengawasi dan mengelola kos. 

  • Mempekerjakan Tenaga Keamanan Khusus

Untuk rumah kos elit yang memiliki lahan parkir outdoor luas ada baiknya menggunakan jasa tenaga sekuriti atau satpam untuk meningkatkan keamanan kendaraan penghuni kos. Pemilik kos bisa menyewa dua satpam untuk menjaga area parkir secara bergantian setiap harinya. Keberadaan satpam ini juga berfungsi meminimalisir tindakan kejahatan.

  • Memasang CCTV untuk Mengawasi Area Parkir

CCTV adalah fasilitas keamanan yang perlu disediakan oleh pemilik kos, terutama yang lahan parkirnya berada di luar. Dengan adanya camera CCTV, pemilik ataupun penghuni kos dapat mendeteksi adanya perilaku kejahatan dan menjadi barang bukti untuk melaporkan pelakunya ke pihak kepolisian. 

Melalui monitor CCTV, pemilik atau pengelola kos bisa memantau gerak-gerik mencurigakan dari penghuni kos atau orang luar yang berpotensi melakukan tindak kriminalitas. Pemilik kos bisa segera merespon tindakan dengan melakukan pencegahan atau menghubungi satpam untuk mengamankan pelaku. 

  • Menggunakan Sistem Alarm 

Camera CCTV umumnya sudah dilengkapi dengan sistem alarm. Jika belum, Anda dapat menambahkan bel alarm di pintu pagar area parkir outdoor kos-kosan. Alarm ini terhubung dengan sensor yang dapat mendeteksi gerakan. Jika pintu parkir dibobol atau ada pencuri yang berupaya masuk, maka alarm akan berbunyi nyaring. Tindakan kejahatan pun bisa digagalkan. 

CCTV adalah perangkat penting untuk menjamin keamanan kos. Nah, jika Anda mencari camera CCTV terbaik untuk rumah kos, Hikvision AcuSense merupakan pilihan yang tepat. Kamera pengawas ini menggunakan teknologi AcuSense yang menawarkan berbagai keunggulan untuk meningkatkan keamanan maksimal. 

Teknologi AcuSense mengusung kecerdasan intelijen atau Artificial Intelligence (AI) di dalam kamera dan perekam video. Berkat teknologi AI, pemilik kos dapat melihat rekaman camera CCTV secara real time hanya dari layar monitor.

Anda juga dapat menempatkan monitor di ruang sekuriti. Dengan begitu, petugas keamanan tidak perlu sering-sering berkeliling area kos dan parkir untuk memantau keamanan. Satpam bisa cepat bertindak melihat gerak gerik yang mencurigakan dan mencegah terjadinya kejahatan. Jika terjadi tindak kriminalitas, rekaman cctv dapat digunakan sebagai bukti kuat yang membantu proses penyelidikan oleh pihak berwajib. 

Camera CCTV outdoor dengan teknologi AcuSense juga menyediakan algoritma pembelajaran mendalam (deep learning) yang mampu meningkatkan keamanan lebih optimal jika dibandingkan dengan CCTV jenis lainnya. Algoritma pembelajaran mendalam didukung kecerdasan VCA menghasilkan alarm akurat yang mampu mendeteksi dan membedakan berbagai gerakan. Baik yang ditimbulkan oleh manusia, hewan, kendaraan atau objek bergerak lainnya. Anda tidak akan terkecoh dengan alarm palsu dan bisa langsung bertindak cepat ketika ada yang mencurigakan atau berpotensi menimbulkan kejahatan. 

Keunggulan lainnya, teknologi AcuSense ini juga memungkinkan Anda mendapatkan notifikasi peringatan secara visual maupun auditori ketika terjadi tindak kejahatan. Anda juga dapat melakukan komunikasi dua arah secara audio dari ruang monitor dengan lokasi pemasangan CCTV untuk mempercepat langkah pencegahan atau penanganan.

Dengan berbagai keunggulan yang dimilikinya, kamera pengintai yang satu ini sangat bisa diandalkan untuk mengawasi seluruh area di rumah kos, utamanya tempat parkir outdoor secara langsung 24 jam. 

CCTV Hikvision AcuSense, siap menjawab kebutuhan Anda untuk mengoptimalkan pengelolaan keamanan rumah kos. Jadi jangan tunda lagi, segera lakukan pemasangan Camera CCTV di area parkir outdoor kos Anda. Ingin mengetahui lebih banyak mengenai produk dan spesifikasi Hikvision lainnya? Silakan klik tautannya di sini.

Husnul Khotimah
Seorang ibu yang senang menulis tentang motivasi diri, parenting dan juga tentang kehidupan sehari-hari di Jombloku. Semoga blog ini bisa membawa manfaat buat kita semua.

Related Posts

Posting Komentar